7 Jenis Buah Penurun Panas Tanpa Efek Samping

jadwal imunisasi bayi

Aniemsok – Suhu tubuh yang meningkat tidak selalu diatasi dengan cara minum obat. Anda bisa mengatasinya dengan cara alami misal dengan makan buah-buahan. Jenis buah tertentu ternyata bisa menurunkan panas tanpa efek samping. Selain itu dengan mengikuti jadwal imunisasi bayi juga bisa membantu menambah daya tahan tubuh anda. Simak beberapa jenis buah penurun panas yang rasanya enak.

jadwal imunisasi bayi

1. Jeruk

Buah yang bisa mnurunkan demam yaitu jeruk. Anda bisa menggunakan jeruk sitrun atau seruk sunkist untuk diminum. Di dalam buah jeruk atau lemon memiliki kandungan flavonoid yang beraneka ragam. Kandungan inilah yang berfungsi membantu metabolisme tubuh untuk menurunkan suhu tubuh.

Anda bisa mengonsumsinya dengan berbagai cara, misal dengan menjadikannya jus, maupun beberapa olahan lain seperti puding, salad buah, atau sop buah. Namun agar khasiat lebih terlihat Anda harus mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan apa pun.

2. Pisang

Buah tanpa musim ini juga dipercaya dapat menurunkan demam secara alami. Meski sering kali dianggap sebagai buah yang biasa saja, ternyata manfaat buah pisang sangat luar biasa. Orang-orang yang sedang demam sebaiknya mengonsumsi pisang yang kaya dengan potasium. Kandungan ini bisa meredakan demam sekaligus menambah energi dalam jumlah cukup.

3. Anggur

Jika Anda tidak suka jeruk maupun pisang, Anda bisa mengonsumsi buah penurun panas yakni anggur. Buah mewah ini tidak hanya rasanya yang manis tapi juga kaya manfaat. Kandungan gizi dalam anggur mampu mengobati demam.

Anggur adalah buah yang memiliki kelas cukup tinggi di mata masyarakat. Ternyata buah enak ini tidak hanya bentuknya bagus tapi juga bisa menurunkan panas. Kandungan zat-zat gizi di dalam anggur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anggur bisa dimakan secara langsung, dalam bentuk jus, atau kismis (anggur kering).

4. Delima Merah

Delima berguna mendinginkan suhu tubuh saat mengalami demam. Buah ini memiliki zat-zat yang bersifat antibakteri dan antivirus sehingga bisa mengatasi masalah infeksi dalam tubuh. Kandungan antioksidan vitamin C akan meingkatkan daya tubuh Anda. Sehingga secara tidak langsung delima merah bisa menurunkan panas. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung.

5. Air Kelapa

Buah yang kaya manfaat ini ternyata memiliki air yang berguna meringankan demam. Air kelapa jika dikonsumsi saat demam dapat menurunkan suhu tubuh dengan cukup cepat. Minum air kelapa akan membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga akan mengeluarkan banyak keringat dan air seni. Panas dari dalam tubuh bisa dibawa keluar sehingga panas menjadi berkurang.

6. Apel

Buah fenomenal yang bisa menyembuhkan demam selanjutnya yaitu apel. Buah ini memiliki kandungan zat gizi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh.Apel bisa membuang racun-racun dalam tubuh serta meningkatkan sistem imunitas. Kandungan vitamin B dan C serta flavonoid sangat bagus mengobati demam.

Anda bisa langsung mengonsumsinya atau membuat jus apel, maupun olahan cuka sari apel. Setelah minum, Anda akan merasa tubuh lebih dingin dan kembali segar. Anda tidak perlu repot pergi ke dokter maupun membeli obat yang belum benar khasiatnya.

7. Semangka

Buah yang sangat segar dan memiliki banyak kandungan air ini sangat berguna dalam menurunkan demam. Meski efeknya tidak langsung dirasakan, namun semangka bisa meringankan gejala demam dan mencegah bahaya dehidrasi akibat suhu tubuh tinggi.

Semua penyakit jika ditangani dengan cara alami tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping apa pun. Anda bisa menggunakan cara ini yaitu konsumsilah aneka buah penurun panas yang mudah didapatkan di pasar maupun minimarket. Konsumsilah buah-buah tersebut secara langsung agar kandungan di dalamnya terjamin masuk dalam tubuh.