Agar Tak Terpapar, Hindari 5 Penyebab Biang Keringat Berikut Ini

penyebab biang keringat

Animesok – Biang keringat merupakan kondisi kulit dipenuhi dengan ruam kecil berwarna merah yang menimbulkan rasa perih dan gatal di saat bersamaan. Ruam ini biasanya menyerang bagian tertentu pada permukaan kulit dan teksturnya terasa menonjol saat Anda sentuh. Agar penyakit ini tak menjangkiti Anda, kenali beberapa penyebab biang keringat berikut ini.

penyebab biang keringat

1. Olahraga Berlebihan

Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat, sehingga sirkulasi udara pada permukaan kulit tak berjalan dengan lancar. Akibatnya, kulit bereaksi lewat timbulnya ruam merah dan benjolan kecil, yang terasa sangat gatal dan perih. Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan seseorang terkena biang keringat adalah kebiasaan olahraga yang berlebihan.

Saat Anda berolahraga berlebihan, maka tubuh akan memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak. Produksi keringat berlebihan inilah yang akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga ruam biang keringat pun mulai bermunculan. Biang keringat setelah berolahraga juga sangat rentan terjadi, jika Anda tak segera membersihkan diri segera setelah Anda selesai berolahraga.

2. Beraktivitas Saat Cuaca yang Terlalu Panas

Biang keringat rentan menjangkiti orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia. Alasannya karena suhu di Indonesia relatif tinggi. Anda yang beraktivitas langsung di bawah matahari, sangat berisiko mengalami biang keringat. Tangan, leher, dan wajah merupakan bagian tubuh yang rentan terkena biang keringat, karena langsung terpapar sinar matahari.

3. Memakai Pakaian yang Ketat dan Tak Menyerap Keringat

Terbiasa menggunakan pakaian yang ketat dan tak menyerap keringat, merupakan penyebab biang keringat muncul di beberapa bagian tersembunyi tubuh Anda. Bagian tubuh yang rentan terkena biang keringat karena kebiasaan ini adalah lipatan paha, selangkangan, pinggul, dan area di bawah payudara. Kondisi makin memburuk saat Anda tak rutin mengganti pakaian.

Untuk menghindarinya, gunakanlah pakaian yang longgar atau tak terlalu pas di badan Anda. Selain itu, biasakan diri untuk membeli pakaian yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik. Anda juga harus ingat untuk menggunakan pakaian sesuai dengan cuaca. Jika suhu sedang panas, jangan gunakan pakaian yang tebal walau desainnya sangat Anda suka.

4. Alergi

Tak hanya karena panas, namun biang keringat juga bisa muncul karena Anda alergi atas makanan atau obat-obatan tertentu. Jika Anda menyadari biang keringat muncul setelah Anda mengonsumsi makanan atau obat tertentu, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk memastikannya. Dengan mengetahui penyebab alergi, Anda bisa lebih mudah menghindarinya.

5. Bed Rest

Sakit yang menyebabkan seseorang harus beristirahat saja di atas kasur atau bed rest, sangat berpotensi menimbulkan biang keringat di bagian punggung. Hal ini terjadi karena kulit punggung terlalu lama kontak dengan permukaan kasur, sehingga tak ada ruang udara bebas di antaranya. Akibatnya, keringat bertumpuk di tempat yang sama, sehingga menyebabkan ruam.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan rutin mengganti alas di tempat berbaring. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian punggung dengan menggunakan tisu basah, jika mandi tak memungkinkan. Kondisi kulit punggung yang tak diperhatikan saat bed rest bahkan bisa menyebabkan kulit jadi mengelupas.

Itulah tadi ulasan mengenai 5 penyebab biang keringat. Biang keringat merupakan penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, namun saat terjadinya memang membuat Anda jadi tak nyaman. Melindungi diri dari terik matahari, merupakan salah satu cara menghindari biang keringat. Jangan lupa juga untuk rutin mandi, agar keringat tak bertumpuk di lipatan tubuh.