Begini Cara Merawat Jaket Gunung yang Tepat

Animesok – Jaket gunung adalah salah satu jenis produk yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki hobi naik gunung. Jaket ini banyak tersedia di toko-toko online maupun offline. Sangat mudah untuk menemukan produk jaket semacam ini di pasaran. Hanya saja banyak pula produk jaket yang abal-abal alias tidak original.

Terutama untuk jenis jaket dari merek terkenal, pasti ada banyak barang tiruannya yang harus anda waspadai. Jika anda ingin membeli jaket, pastikan untuk benar-benar memperhatikan kondisi dan kualitas jaket. Apalagi jenis jaket ini digunakan untuk aktivitas luar ruangan yang tidak biasa dan cukup menantang, kalau tidak berkualitas maka akan cepat rusak.

Jika anda hobi naik gunung atau hobi melakukan aktivitas outdoor lainnya, maka jenis jaket yang satu ini sangatlah anda butuhkan. Namun, selain cermat memilih jaket, anda juga harus cermat melakukan perawatan terhadap jaket tersebut. Jaket gunung harus dirawat sebaik mungkin supaya tetap awet dan bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama.

jaket gunung

Merawat Jaket

Perlu diketahui bahwa memakai jaket khusus saat beraktivitas outdoor sangatlah penting. Di luar ruangan, apalagi di gunung, kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi. Anda mungkin saja akan kedinginan atau terkena serangan serangga atau mungkin kehujanan. Dengan memakai jaket khusus maka tubuh anda akan lebih terlindungi.

Bagi anda yang memiliki jaket gunung, berikut adalah beberapa tips perawatan yang bisa anda lakukan :

1. Cuci dengan Cara yang Benar

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk merawat jaket outdoor anda adalah mencucinya dengan cara yang benar. Perawatan jaket tentu harus dimulai dari menjaga kebersihannya. Ketika sudah selesai digunakan, segera cuci jaket anda. Pastikan anda mencuci jaket dengan cara yang tepat sesuai dengan petunjuk pencucian yang biasanya tertera pada bagian label.

2. Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah selesai dicuci, hindari menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung. Teriknya sinar matahari bisa membuat kualitas warna jaket yang anda miliki menjadi pudar dan jaket akan tampak kusam. Lebih baik jemur jaket di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung atau cukup diangin-anginkan saja.

3. Simpan dengan Cara yang Tepat

Simpanlah jaket dengan cara yang tepat. Sebaiknya, jika jaket sudah selesai dibersihkan, anda simpan jaket dalam posisi menggantung. Gantungkan jaket menggunakan hanger dan hindari menyimpan jaket dalam posisi terlipat. Selain itu, pastikan anda menyimpan jaket di lemari yang aman dan tidak lembab.

4. Hindari Menyemprotkan Parfum

Anda sangat tidak disarankan menyemprotkan parfum ke jaket outdoor yang anda pakai. Selain bisa mengurangi kualitas bahan, menyemprotkan parfum juga bisa membuat aroma jaket anda menjadi kurang alami. Karena digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan maka lebih baik anda membiarkan aromanya tetap alami.

5. Minimalkan Gesekan pada Jaket

Usahakan untuk mengurangi terjadinya gesekan pada jaket anda. Biasanya gesekan pada jaket terjadi karena anda membawa carrier yang terlalu berat. Karena itu, disarankan untuk mengendurkan tali carrier sehingga gesekan yang diterima jaket tidak terlalu berat karena bisa mengurangi kualitas dan penampilan bahan.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat jaket gunung anda. Pastikan anda merawat jaket yang anda miliki dengan baik agar bisa tetap awet digunakan untuk jangka waktu yang lama. Jika anda merawatnya dengan baik maka kualitas jaket akan tetap terjaga. Apalagi kalau anda sudah membelinya mahal-mahal, sayang jika tidak dirawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *