Kiat-kiat Sukses Membuka Dealer Mobil

dealer mobil

Animesok – Membuka Dealer Mobil nampaknya bisa menjadi pilihan bagi kaum muda yang sudah bosan dengan kekangan aturan kerja yang agaknya membosankan.

Seperti diketahui persaingan kerja dari tahun ketahun terus bertambah sulit dan ketat. Sebagai masyarakat urban harus dituntut untuk bisa kreatif dan inovatif agar bisa bertahan dalam persaingan.

Bekerja bukan hanya tergantung pada perusahaan, anak muda harusnya bisa membuka lahan pekerjaan sendiri, dengan mengekplorasi lagi potensi dan kebihan diri, dipastikan peluang bisnispun akan terbuka.

Mendirikan kerajaan bisnis sendiri memang bukan urusan gampang, apalagi kalo berhubungan denga bisnis jual beli mobil. pada dasarnya kalo mau membuka dealer mobil baru pasti akan selalu berurusan dengan Agen Pemegang Merek (APM) dan nilai investasinya juga bakal sangat tinggi, bisa hampir mencapai 50 Milyar Rupiah lebih.

Lalu, bagaimana kalo modal yang ada pas-pasan?. Jangan khawatir, jawabannya adalah membuka dealer mobil bekas.

Untuk membuka dealer mobil bekas tak perlu menyediakan uang sampai milyaran rupiah. Modal utamanya adalah skill dan pengetahuan seputar mobil ditambah relasi yang kuat. Kalo hal itu ada dipastikan membuka dealer mobil bekas bukan lagi mimpi.

Urusan membangun usaha yang paling sulit adalah memulai, nahh, bagi kalian yang ingin membuka dealer mobil bekas. Berikut ini akan kami berikan panduan dan tipsnya.

dealer mobil

1. Bangun Relasi

Kalo bicara bisnis, relasi menjadi hal yang paling utama harus dimiliki. Semakin luas relasi yang kita punya maka semakin mudah juga memasarkan “barang jualan”.

Bukan hanya menjalin relasi dengan orang perseorangan, jalinlah relasi yang baik dengan pihak bank dan perusahaan pembiayaan. Dua perusahaan ini adalah yang paling lekat dengan bisnis dealer mobil.

Selain itu ada baiknya juga memperkuat relasi dengaan bergabung di komunitas mobil. Selain bisa dijadikan target pasar dikomunitas kalian juga bisa menggali lagi berbagai pengetahuan tentang otomotif.

2. Cari “Barang Jualan” Berkualitas

Barang jualan yang dimaksud adalah mobil bekas yang berkualitas. Memang tak gampang tapi masih bisa dilakukan asal punya relasi yang bagus dan luas.

Upayakan dapat mobil dari tangan pertama. Selain lebih miring harganya, nilai mobil dari tangan pertama lebih tinggi. Itu sudah jadi hukum pasarnya.

Yang perlu diperhatikan lagi, carilah mobil yang dicari banyak orang. Misalnya saja jenis multi purpose vehicle (MPV). Meski begitu tak tertutup kemungkinan berburu mobil yang jadi incaran kaum penghobi seperti model jip atau jenis sedan tertentu.

3. Perkaya Pengetahun Tentang Mobil

Ini penting untuk dilakukan, karena calon pembeli yang datang pasti bukan hanya dari kalangan yang sudah mengerti mobil. Akan banyak juga orang yang baru “naik Kelas” dari pengguna motor menjadi pengguna mobil.

Untuk itulah pengetahun tentang mobil jualan kalian penting. Kemampuan Anda dalam menjelaskan produk mobil bekas yang dijual ditambah jika bisa memberikan saran dan trik bagi konsumen akan bisa berbuah manis dengan potensi promosi gratis dalam bentuk kesan baik yang tersebar dari mulut ke mulut. Kalau begini, alokasi dana untuk mengiklankan bisnis pun juga bisa ditekan.

4. Promosi

Promosi yang paling mudah dan murah adalah dengan media sosial. Penggunaan media sosial saat ini menjadi teknik yang cukup ampuh untuk melakukan promosi cerdas. Dengan Media sosial iklan kalian dipastikan sampai pada sasaran konsumen dan berbiaya rendah.

Selain itu promosi dari mulut kemulut juga penting dilakukan, kalian bisa mulai dengan mempromosikan kepada teman terdekat atau keluarga. Pesan berantai dari mulut kemulut ini juga cara prmosi yang menguntungkan dan tentunya murah.

5. Lokasi & Ruang Ruang Pamer Mumpuni

Kalo kalian sudah punya modal yang cukup, pembuatan ruang pamer yang berkualitas juga perlu dilakukan untuk lebih meyakinkan calon pembeli akan kualitas “barang jualan” kalian.

Tidak perlu terlalu luas tapi pastikan tempatnya ramai oleh lalu lalang orang dan didesain dengan rapi dan terang guna menarik minat pembeli. Jangan lupa untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihan karena ruang pamer yang terlihat kurang terawat bisa saja mengurangi nilai dan daya beli di mata konsumen.

Itulah beberapa tips dan panduan untuk memulai bisnis dealer mobil. semoga artikel ini bisa menjadi bahan referensi, bagi yang ingin membuka bisnis dealer mobil bekas.