Perbedaan yang Ada pada Sunblock Wajah dan Sunscreen

sunblock wajah

Animesok – Ada banyak sekali produk perawatan yang bisa digunakan untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Anda dapat menggunakan sunblock wajah dan sunscreen sebagai langkah untuk merawat kulit wajah. Inilah perbedaan yang dimiliki antara sunblock dan sunscreen yang digunakan untuk perawatan kulit wajah.

1. Kadar Kandungan SPF

Banyak yang mengira bahwa sunblock dan sunscreen memiliki kemampuan yang sama dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Padahal kedua produk perawatan ini berbeda. Dalam kandungan SPF yang dimilikinya kadar SPF pada sunscreen jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kandungan SPF pada sunblock.

Kadar SPF pada sunblock mulai dari 15 sampai dengan 100. Bahkan dalam jenisnya sunscreen dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Physical sunscreen krim yang didominasi dengan kandungan mineral aktif yaitu titanium dioksida dan zinc dioksida.

Tekstur sunscreen jenis ini lebih kental dan aman digunakan untuk semua jenis kulit.  Jenis chemical sunscreen memiliki tekstur yang lebih encer dan mudah menyerap ke dalam kulit. Hanya saja jenis sunscreen ini cenderung memiliki kandungan alkohol, sehingga tidak cocok untuk yang kulitnya sensitif. Kadar SPF pada  sunscreen hanya di bawah 15.

2. Fungsi yang Berbeda

Meskipun sama-sama digunakan untuk melindungi kulit wajah dari masalah kulit sunblock dan sunscreen memiliki perbedaan fungsi. Sunblock wajah akan bekerja untuk melindungi kulit secara penuh agar tidak terkena bahaya. Melindungi kulit dari semua cahaya matahari yang mengandung sinar ultraviolet.

Sinar itu tidak akan menembus kulit, sehingga tidak akan terjadi risiko buruk pada kulit. Fungsi sunscreen hanya membantu mengurangi radiasi yang menyebabkan penuaan kulit. Selain itu juga membantu memfilter sinar ultraviolet yang diterima oleh kulit.

sunblock wajah

3. Perbedaan Tekstur

Perbedaan sunblock dan sunscreen dalam teksturnya bisa terlihat dengan jelas. Tekstur yang dimiliki oleh sunblock lebih kental, sehingga memerlukan waktu untuk proses penyerapannya. Hal ini yang membuat dalam pemakaiannya, Anda perlu menunggu 10 sampai 15 menit sampai sunblock menyerap. Saat pemakaian juga harus digunakan secara merata ke seluruh wajah.

Jika sudah menyerap, barulah Anda bisa melakukan aktivitas yang diinginkan atau pun menggunakan make up sesuai dengan kebutuhan. Tekstur yang dimiliki sunscreen jauh lebih encer, sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Lebih ringan dan tidak lengket. Saat pemakaian Anda tidak perlu menunggu lama karena akan menyerap dengan cepat di wajah.

4. Risiko Iritasi

Dalam pemakaiannya sunblock tidak memiliki risiko iritasi yang besar. Semua jenis kulit dapat menggunakannya sesuai dengan kandungan tambahan yang ada di dalam sunblock. Anda dapat memilih jenis sunblock yang akan digunakan dari produk Kiehl’s. Ssunscreen dengan kandungan SPF yang lebih rendah cenderung memiliki risiko iritasi yang lebih besar pada kulit wajah.

Hal ini karena teksturnya yang encer dan seringnya mengandung beberapa persen kadar alkohol. Jadi untuk beberapa jenis kulit akan tidak cocok menggunakan sunscreen. Anda harus berhati-hati dalam memilih produk sunscreen yang akan digunakan. Pilihlah produk sunscreen dengan mengecek terlebih dahulu kadar alkohol yang ada di dalamnya.

Jenis sunblock wajah yang berkualitas akan memiliki kandungan yang juga dapat menutrisi kulit wajah. Anda bisa mendapatkan produk sunblock yang memiliki kandungan tambahan terbaik di kiehls.co.id. Pembelian bisa dilakukan secara online dengan cepat dan mudah. Spesifikasi kemasan, kandungan, dan harga bisa dilihat dengan jelas di website tersebut sebelum pembelian.