Tanda Preeklamsia Harus Diwaspadai, Apa Saja?

animesok-preeklamsia

Animesok – Preeklamsia merupakan satu dari sekian gangguan yang bisa mengancam kesehatan ibu hamil dan juga janin. Penyakit ini biasa ditandai dengan munculnya tekanan darah tinggi yang cenderung mendadak. Selain itu terdapat pula beberapa gejala lain yang patut diwaspadai agar tidak semakin berkembang menjadi penyakit berbahaya.

animesok-preeklamsia

Tekanan Darah Tinggi

Tanda awal dan paling vital dari gangguan preeklamsia adalah tingginya tekanan darah pada ibu hamil. Tekanan darah ini bisa terjadi secara berkala atau secara mendadak. Apabila tekanan darah di atas 140/90 mm Hg, maka kemungkinan terserang gangguan ini sangat tinggi.

Kadar Protein Tinggi

Selain mengalami tekanan darah tinggi, penderita preeklamsia juga mempunyai kadar protein yang tinggi pada urine mereka. Hal ini disebabkan karena kerusakan yang terjadi pada organ ginjal. Ketidakmampuannya dalam menyaring protein inilah yang menjadi salah satu faktor berbahaya yang bisa menghantarkan ibu hamil pada gangguan preeklamsia.

Pembengkakan Beberapa Bagian Tubuh

Selain terdapat kelainan dan perubahan di dalam tubuh ibu hamil, pada bagian luar tubuh pun mengalami perubahan yang bisa dilihat dengan jelas oleh mata. Perubahan tersebut berupa pembengkakan berlebih pada beberapa bagian tubuh tertentu seperti wajah, mata, tangan, hingga kaki.

Pembengkakan ini biasa disebut dengan pitting edema. Dimana ketika Anda menekankan jari pada area yang bengkak, maka akan membutuhkan waktu yang sedikit lama baginya untuk kembali ke bentuk semula. Jadi Anda harus benar-benar mengetahui dan memperhatika kondisi tubuh agar bisa segera ditangani dengan baik.

Nyeri Perut Bagian Atas

Selain itu, penderita juga akan mengalami nyeri yang hebat pada bagian perut kanan atas. Walaupun nyeri yang terjadi sering diartikan sebagai tanda tendangan yang dilakukan oleh bayi, namun bila dibarengi dengan gejala lainnya sebaiknya Anda segera menghubungi dokter kandungan terdekat.

Sesak Napas

Selain mengalami sakit perut, preeklamsia juga bisa ditandai dengan terjadinya sesak napas pada ibu hamil. Peningkatan tekanan darah yang terjadi di dalam tubuh bisa berdampak pada denyut nadi yang semakin cepat dan menyebabkan paru-paru sedikit kesulitan dalam menyesuaikan tekanan dan menyebabkan sesak napas.

Tindakan Pencegahan

Jika terdapat kemungkinan tinggi seorang ibu hamil terkena preeklamsia, maka dokter akan segera memberikan aspirin berdosis rendah sebagai tindakan pencegahan. Meski begitu, kekurangan kalsium juga bisa berdampak pada keracunan kehamilan tersebut. Oleh karena itu konsumsi asupan yang tinggi kalsium setiap hari sangat dianjurkan.

Jika sampai pada tahan yang cukup parah, maka  Anda akan disarankan untuk rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit. Tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda akan melahirkan lebih awal agar meminimalisir risiko pada  bayi dan ibu hamil.

Selain preeklamsia, terdapat beberapa gangguan lain yang perlu diwaspadai agar tidak berdampak buruk bagi ibu hamil. Untuk mendapatkan informasi lengkapnya, silahkan kunjungi orami.co.id. Selain menyediakan informasi seputar ibu hamil dan parenting, di sini Anda bisa bertukar pengalaman bersama orangtua lain hingga berbelanja kebutuhan si kecil dengan mudah.